Rizal Ramli: Indonesia Bisa Jadi 'The Next Philiphine' PDF Print E-mail
Tuesday, 25 October 2011 06:53

Senin, 24 Oct 2011 10:43 WIB

 

JAKARTA, RIMANEWS-Di negara yang menganut ekonomi neoliberalisme orang kaya akan semakin kaya dan yang miskin makin terpuruk. Kesenjangan ini bisa dilihat di negara-negara Amerika Latin. Hal tersebut dikemukakan Mantan Menteri Ekonomi Rizal Ramli dalam acara "Economic Challenges" di Metrotv, (24/10).

"Ini realitas yang terjadi di negara-negara yang menganut sistem ekonomi neoliberalisme," katanya.

Menurut Rizal, Indonesia ke depan bisa berpotensi menjadi the next Philippines, jika haluan ekonominya tidak segera diubah. Di Filipina, menurutnya, orang-orang yang memiliki kapital miliki akses ke berbagai sektor, baik politik, ekonomi dan lain sebagainya, sedangkan kaum miskin kian terpinggirkan akibat tidak adanya keberpihakan pemerintah.

Neoliberalisme yang membelit Indonesia saat ini, lanjut Rizal, telah menyebabkan mahalnya biaya pendidikan, pangan, kesehatan dan lain sebagainya. Konsekuensinya, rakyat kecil tentu akan semakin tergilas.

Rizal juga mengkritik pemerintah yang terkesan mengulur-ulur waktu dalam menyediakan jaminan sosial bagi rakyat miskin. Padahal, rakyat yang ekonominya pas-pasan sangat membutuhkan hal itu. [ach]

Sumber :  http://rimanews.com/read/20111024/44620/rizal-ramli-indonesia-bisa-jadi-next-philiphine

 
Main page Contacts Search Contacts Search